Meditasi Vipassana Memurnikan Pikiran & Meningkatkan Konsentrasi

Meditasi Vipassana merupakan sebuah cara meditasi untuk memurnikan pikiran manusia. Meditasi Vipassana dapat meningkatkan konsentrasi pikiran, membuat pikiran jauh lebih jernih, juga meningkatkan kesabaran membuat orang yang telah melakukan meditasi ini jauh dari rasa marah, cemburu dan iri hati.

Vipassana yang dalam bahasa Sansekerta berarti melihat sesuatu apa adanya dan bukan seperti apa yang dikehendaki. Dimana Meditasi Vipasana ini bersifat universal dan tidak ada hubungannya dengan sekte agama tertentu karena tujuannya murni untuk mencapai kehidupan yang harmonis dan bahagia di alam semesta.

Meditasi Vipassana ini berasal dari India. Setelah lama menghilang, meditasi Vipassana ditemukan kembali oleh Buddha Gautama lebih dari 2.500 tahun lalu. Teknik ini adalah proses pemurnian diri melalui pengamatan diri sendiri.

Kita dapat memulainya dengan mengamati pernapasan alamiah untuk memusatkan pikiran. Dengan kesadaran yang dipertajam, selanjutnya kita mengamati sifat jasmani dan batin yang senantiasa berubah dan mengalami kebenaran universal tentang ketidakkekalan, penderitaan, dan tanpa ego. Merealisasi kebenaran dengan pengalaman langsung itulah yang disebut proses pemurnian.

Teknik Meditasi Vipassana

Meditasi Vipassana bertujuan mencabut secara total kekotoran mental dan menghasilkan kebahagiaan tertinggi. Penyembuhan bukan hanya pada penyakit. Pembebasan penderitaan manusia adalah tujuan utamanya.

Hal ini bisa dialami langsung dengan perhatian yang serius pada sensasi tubuh, pada yang membentuk kehidupan tubuh ini, serta pada yang terus-menerus berhubungan dan membentuk kehidupan batin. Perjalanan dengan dasar pengamatan, penjelajahan diri sendiri inilah yang membawa ke akar batin dan tubuh, melarutkan kekotoran mental, dan menghasilkan batin yang seimbang, penuh cinta dan kasih.

Teknik meditasi ini mengamati diri sendiri dan memberi kita kenyataan dalam dua aspek, yaitu dalam dan luar. Sebelumnya, seseorang selalu melihat dengan mata terbuka lebar, melewatkan kebenaran di dalam dirinya.

Pelatihan Meditasi Vipassana

Untuk mempelajari teknik Meditasi Vipassana biasanya cukup dengan mengikuti pelatihan Meditasi Vipassana selama kurang lebih 10 hari. Selama mengikuti pelatihan memerlukan kerja keras dan serius agar benar-benar merasakan manfaatnya.

Ada tiga tahapan dalam mengikuti meditasi Vipassana.

Pertama, tidak melakukan tindakan fisik atau ucapan yang mengganggu kedamaian serta keharmonisan orang lain.

Seseorang tidak bisa membebaskan kekotoran batinnya bila ia terus melakukan perbuatan yang hanya memperbanyak kekotoran. Jadi, aturan moral ini penting sebagai tahap awal latihan. Kemudian berjanji tidak membunuh, tidak mencuri, tidak berhubungan seks buruk, tidak berbohong, tidak mabuk. Dengan mematuhi aturan tersebut di atas, seorang bisa menenangkan batinnya untuk melakukan tugas-tugas selanjutnya.

Kedua, mengembangkan penguasaan atas pikiran liar dengan melatih untuk tetap pada satu objek, mengarahkan perhatian pada napas selama mungkin. Ini bukanlah latihan pernapasan karena napas tidak diatur, sebaliknya napas yang alami diamati sebagaimana adanya sewaktu napas masuk dan keluar.

Dengan cara ini pikiran ditenangkan, sehingga tidak dikuasai oleh kenegatifan yang kuat. Pada waktu yang sama, pikiran dipusatkan, membuatnya menjadi tajam dan berguna untuk usaha pencerahan.

Dua tahapan pertama, kehidupan yang bermoral dan penguasaan pikiran, adalah sangat penting dan bermanfaat. Namun, hal itu akan membawa pada penekanan diri, kecuali mengambil tahap ketiga, memurnikan kekotoran pikiran dengan mengembangkan pencerahan ke dalam diri seseorang.

Pada tahap ketiga ini peserta diajak belajar meditasi cinta kasih atau niat baik terhadap semuanya. Kemurnian yang berkembang selama kursus dibagikan kepada semua makhluk.

Lebih banyak teknik meditasi ini dipraktikkan, lebih banyak pembebasan dari penderitaan, dan lebih dekat pada tujuan akhir, yaitu pembebasan penuh.

Meditasi Vipassana yang dilakukan secara teratur tidak hanya bisa menyembuhkan penyakit jasmani. Sebagai hasil dari pemurnian batin, banyak penyakit psikosomatik (penyakit yang sumbernya dari batin, tetapi gejalanya timbul pada jasmani) dapat disembuhkan.

Sesungguhnya Vipassana adalah sebuah seni hidup yang membasmi tiga penyebab dari semua ketidakbahagiaan, yaitu nafsu keinginan, kemarahan, dan ketidaktahuan.

Dengan meditasi terus-menerus akan membebaskan ketegangan yang ditumpuk dalam kehidupan sehari-hari, membuka belenggu kebiasaan lama yang bereaksi dengan cara yang tak seimbang terhadap situasi yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan. Melakukan Meditasi Vipassana akan mengembangkan energi positif dan kreatif demi penyempurnaan individu dan masyarakat pada umumnya.

sumber: kompas.co.id

Categories: Blog and Meditasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge